Minggu, 27 Desember 2009

*Profile and Biography Lolot Band*


Lolot Band dibentuk pada Bulan Agustus 2002.
Bertempat di Live Recording Studio Timur Pregina.

Konsep musik Bali Rock Alternative merupakan pakem musik Rock Modern dengan lirik berbahasa Bali. Diciptakan untuk Industri bukan untuk menghancurkan budaya luhur kita.

Lolot Band telah mengeluarkan 6 Album selama 7 tahun,
* Album I April 2003 Gumine Mangkin
* Album II Maret 2004 Bali Rock Alternative
* Album III Mei 2005 Meong Garong
* Album IV Juni 2006 The Best Of Lolot
* Album V Mei 2007 Saling Caplok
### tahun 2008 Lolot dikabarkan vakum. Kabarnya, “Lolot Band non-aktif dulu, Made Bawa semangatnya hilang total... anyway temen2 masih semangat so mereka buat band side project Indonesia, namanya Rokavatar.” hal itu hanya berlangsung sementara, dan akhirnya Lolot kembali menggebrakkan Tanah Air Bali dengan album barunya di tahun 2009 ini, meskipun tanpa personel seutuhnya. Hanya dengan Deny (drummer) di lagu "Putra Sesana", Swalepatresna" (vocal by Tiari), dan "Isin Gumi".
* Album VI November 2009 Pejalan Idup


Sejak kemunculan album Lolot Band yang pertama (waktu itu masih menggunakan nama Lolot n Band, karena masih menjadikan Made Bawa (Lolot) sebagai ikon sentral) di album Gumine Mangkin bisa laku 75ribu kopi. Suatu angka yang fantastis dan tentu saja membuat untung besar. Siapapun pasti tahu lagu “Tresna Memaksa”. Popularitas lagu ini bisa disejajarkan dengan popularitas lagu “Kidung Kasmaran”nya almarhum Okid Kres. Bedanya, di Tresna Memaksa, nama Lolot n band langsung MELAMBUNG KENCANG, tapi kalau Kidung Kasmaran orang malah sering lupa siapa penyanyinya. Bukan lupa, malah tidak tahu.

Satu lagi yang membuat penjualan album pertama kencang adalah lagu "Artha Utama". Ini lagu favorit saya dari Lolot Band juga lagu "Karman Beli".

Lanjut. Album kedua, Bali Rock Alternatif juga meledak tapi penjualannya masih dibawah Gumine Mangkin. sekitar 65ribu kopi. Album ketiga, Meong Garong, dengan kualitas musik yang sangat apik malah turun ke 45ribu kopi. Album The Best of Lolot turun drastis ke 15ribu, dan sekitar angka yang sama juga untuk album yang terakhir, Saling Caplok. Tidak ada lagi euforia penjualan di atas 50 ribu. Bahkan 30ribu juga tidak tercapai.

Tapi salutnya, panggung pertunjukan masih rame bisa dijajal dan PENONTON SELALU MERINDUKAN Lolot Band. Jadi kalau terlihat sekarang semua kehilangan semangat, sepertinya masih masuk akal. Mudah-mudahan Lolot bisa bangkit. Mengingat Lanang, Deny dan Doni masih semangat dan mau maju terus. Hanya saja kali ini dengan berbahasa Indonesia, masih setia dengan musik rock. Bersama band Rokavatar, kemungkinan diambil dari kata Rock Avatar.

Dengan hanya beranggotakan 4 personel yakni :
* Made Bawa (Lolot) sebagai Vocalist
* Dony sebagai Lead Guitar
* Lanang sebagai Bassist & Backing Vocal
* Deny Surya sebagai Drummer,
Lolot Band mampu meraih penghargaan-penghargaan yang sangat memuaskan. Diantaranya :
** Penghargaan Gita Denpost Award 2004 sebagai :
- Penyanyi Pria terpopuler
- Penyanyi Alternative terbaik
- Album Alternative Terbaik
** Penghargaan Gita Denpost Award 2005 sebagai :
- Group Band favourite
- Group Band Terbaik
- Album Lagu Bali Terbaik
** Parade Band Bali TV Pemenang Golden Favourite, serta
** Penghargaan Best Indie Music Awards dari SCTV


Lolot Band Statement
* "Keutuhan serta kejujuran dalam bermusik merupakan pedoman dalam berkarya"
* "Pernah menjadi yang terburuk merupakan proses awal menuju kebaikan"
* "Idealisme yang dapat diterima oleh pecinta seni dan masyarakat merupakan kebahagiaan dan kepuasan kami, dan sangat berarti bagi kami"

(penjelasan di atas merupakan wawancara langsung terhadap yg bersangkutan serta tambahan-tambahan dari berbagai sumber)

Lolot Band Matur Suksma Ring : Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Sesuhunan Ring Dalem Tungkub Mengwi, Sesuhunan Ring Dalem Peed Nusa, Sesuhunan Ring Pura Melanting Pulaki. Guru Rupaka Sami, Keluarga Besar Lolot And Pregina, Rekan-rekan wartawan Media Cetak, ARPB, Pramusti Bali, AVB, Komunitas Musisi Bali, Models Video, Mata Elang Sound System, Eka Yn (penulis lagu), Jaya Giri Production, Lakon, Cover Design and Photo By Pregina, dan Bali TV.



Posted by : Gus Dwi The Backstreet Lover Senosci

5 komentar:

  1. bli made kapan konser di lombok lagi

    BalasHapus
  2. Bli izin cofy artikelnya ya buat pencerahan kepada teman2 yang ada diluar bali yang ingin lebih tau tentang biography Lolot band, suksma sebelunnya.

    BalasHapus
  3. mantap....donload sofware hacker http://grantank.blogspot.com

    BalasHapus
  4. bli made bawa, kapan nich mow konser ke lombok... tu dach kangeeen bangt ma lolot....
    the best of lolot...
    miss u lolot n band

    BalasHapus
  5. salah satu band bali favorit tiang... ^_^

    BalasHapus