Senin, 05 Oktober 2009

Trik HP Symbian

S60 (Nokia 7650, 3650,3660, N-Gage, 6600, 7610, 3230, 6630, 6680 etc.)

Clear cache

Cache adalah data-data sementara yang diambil ketika anda mengakses sebuah situs. Jadi ketika anda mengakses situs sama, ponsellangsung mengakses data di cache, sehingga membuat waktu akses lebih cepat.

Cache browser tersimpan di memori ponsel. Membersihkan cache secara berlkala, dapat menghemat memori.

Caranya;

- Masuk ke menu service (layanan)

- Tekan option (pilihan) dan tekan Clear Cache.

Membuat alinea baru saat menulis SMS

Kadang-kadang kita perlu memasukan baris baru sebagai pengganti spasi saat menulis SMS dan notes. Saat kita membuat puisi misalnya, dengan tampilan kontinyu, tentunya akan lebih menarik jika kita membuatnya sesuai dengan kaidah penulisan, yaitu adanya baris baru dan alinea.

Di ponsel-ponsel seri 60, kita bisa melakukannya dengan cara menekan tombol 0 tiga kali. Seperti yang kita ketahui, tombol 0 di ponsel-ponsel Nokia berfungsi memberi jarak atau spasi dari satu karakter ke karakter lainnya. Ketika kita menekannya dua kali, akan memunculkan angka 0 sementara penekanan ketiga akan menciptakan baris baru.

Menekan tiga kali tombol 0 di ponsel seri 60 setara dengan menekan tombol enter di keyboard PC.

Rewin (rew) dan fast forward (FF)

Yang ini khusus untuk ponsel-ponsel musik nokia termasuk 3250 dan ponsel-ponsel seri N. tidak seperti kaset dan CD player, MP3 player di ponsel-ponsel musik nokia tidak dilengkapi dengan tombol rewind dan fast forward.

Bagi mereka yang tengah menghapal nada dan lirik lagu fitur ini nampaknya lumayan penting.

Kita bisa melakukannya dengan menekan beberapa saat tombol next atau previous di tampilan utama player. Menekan tombol next beberapa saat akan membawa kita maju dan tombol previous akan membuat lagu bergulung ke bagian sebelumnya.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tombol 4 dan 6 saat tampilan layar berada dlaam posisi music player.

Keypad untuk membuka menu

Seperti layaknya ponsel-ponsel samsung, ponsel seri 60 juga memiliki karakteristik yang sama dalam hal sinkronisasi tata letak menu terhadap keberadaan keypad. Meski tanpa penomoran seperti menu di ponsel samsung, menu-menu yang ada di ponsel-ponsel seri 60 bisa kita akses dengan menekan tombol keypad 1 hingga 9 (beberapa bahkan memfunsinkan semua keypad termasuk tombol *, 0 dan #)

Syaratnya, kita harus berada di posisi menu utama. Tampilan menu grid akan memudahkan kita dalam menentukan tombol kuncinya. Tanpa perlu melakukan settingan sebelumnya, tombol angka 1 akan membawa anda ke fitur messaging dan seterusnya.

Keuntungannya, anda tidak lagi perlu menggerakan tombol arah ke kanan-kiri, atas bawah untuk menuju 9 menu yang tertampil di layar.

Merubah profil normal dan silent

Dalam kondisi tertentu, bunyi-bunyian sangat dilarang untuk terdengar. Misalnya saat kita berada di tengah-tengah rapat atau di tempat ibadah. Mengganti profil ponsel adalah salah satu pilihan yang bisa kita lakukan.

Seperti kita ketahui, dalam kondisi default ponsel seri 60 memiliki pengaturan nada dering yang dirangkum dalam beberapa profile dalah satunya adalah silent (dalam bahasa kita diartikan senyap) dalam menu silent semua bunyi-bunyian biasanya akan dinonaktifkan.

Merubah sebuah profil yang tengah digunakan ke profil lain tidak harus melalui menu utama, lalu masuk menu profile. Kita bisa melakukan cara lebih mudah.

Pertama adalah dengan menekan sesaat tombol power. Cara ini akan memunculkan sebuah deretan menu yang terdiri dari switch off dan beberapa profile. Pilih profile yang akan digunakan.

Kedua,

Untuk beberapa ponsel seri terbaru, semisal nokia seri N bisa dilakukan dengan menekan tombol pagar selama beberapa detik. Hal ini secara otomatis mengaktifkan mode silent apabila pada anda tengah menggunakan mode normal. Demikian pula sebaliknya, saat anda menggunakan mode silent cara ini akan mengubah ponsel ke mode normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar